You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
JP 37 dan 38 Poncol akan Dibangun Berbentuk Hanggar
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

JP 37 dan 38 Poncol akan Dibangun Berbentuk Hanggar

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di JP 37 dan 38 Poncol, Senen, Jakarta Pusat, akan ditata. Nantinya, ratusan kios yang berdiri memanjang di pinggir Jl Kalibaru Timur Raya dan di pinggir saluran penghubung Kalibaru Timur akan diubah dengan bentuk hanggar.

Kita akan bangun model hanggar, karena kondisi JP yang ada sudah tidak layak

Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Sri Endang Purwati mengatakan, pembangunan penampungan PKL di dua JP itu dilakukan pada tahun 2016 mendatang.

"Kita akan bangun model hanggar, karena kondisi JP yang ada sudah tidak layak. Kami berharap saat pembangunan nanti bisa lebih tertata dan pembinaan lebih efektif," ujar Endang, saat meninjau JP 37 dan 38 Poncol, Selasa (18/8).

PKL Binaan JP 37 dan JP 38 Pasar Poncol akan Ditata

Dikatakan Sri, anggaran pembangunan JP 37 dan 38 mencapai Rp 12 miliar, yang diambil dari APBD 2016. Ditargetkan, pembangunan JP rampung dalam waktu 6 bulan. Diharapkan pembangunan sesuai jadwal dan tak ada kendala. Pihaknya mengutamakan PKL eksisting untuk menempati bangunan baru. Jika masih tersisa, barulah PKL lain diperbolehkan masuk.

Faqih (48), salah seorang pengurus JP mengatakan, sebenarnya sejak 2 tahun lalu sudah pernah dikonsep rencana pembangunan gedung 2 lantai. Namun, saat itu pembahasan tidak tuntas dan terputus di tingkat kota. Sebab banyak unit terkait yang masih tarik ulur.

"Prinsip kami sederhana, bisa berjualan nyaman dan aman. Atap direhab saja sudah cukup apalagi kalau direhab total namun jangan sampai menggusur pedagang," ujar Faqih.

Sedangkan Heru (33), salah satu pedagang list kayu dan triplek mengaku setuju rencana pembangunan JP dengan konsep hanggar. Namun ia juga minta agar tidak sampai menggusur PKL. Sebab jika tanpa ada lahan relokasi maka hanya akan mematikan PKL yang sudah menjadi binaan Dinas KUMKMP DKI.

"Kalau sampai dibongkar, kami harus ke mana. Kalau bisa jangan dibongkar dulu lah. Kalau alasannya jalanan tak bisa dilintasi kendaraan, kan karena banyak PKL liar turun ke jalan. Tertibkan saja mereka pasti jalan normal kembali," ujar Heru.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1154 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito